PROMOSI WEB


Pendahuluan
Setiap yang berbisnis pastilah memerlukan yang namanya promosi, karena tanpa promosi produk yang akan dijual sebagus apapun atau meski lebih murah dari yang lain kalau orang lain tidak tahu siapa yang akan membelinya. Jika anda melihat / menonton TV pastilah di setiap acara ada jeda iklan. Nah iklan ini merupakan promosi dari suatu produk yang dipasarkan. Semakin tinggi rating acara tersebut semakin mahal tarif iklannya. Tapi kenapa produk yang sudah terkenal masih tetap diiklan terus?
Itulah salah satu strategi marketing mereka, meski produknya sudah terkenal tapi iklan masih tetap jalan karena: Faktor Persaingan salah satunya. Kalau anda perhatikan untuk produk rokok berapa merk yang sering tampil di TV, untuk sepeda motor merapa produk yang sering tampil. Semuanya berlomba untuk mendapatkan peminat. Demikian pula di dunia internet, semua situs pastilah berlomba-lomba untuk mendapatkan pengunjung sebanyak mungkin. Maka dari itulah mereka tetap berpromosi meski sudah terkenal. Dan bentuk promosi ini bisa dibagi dua kategori yakni promosi secara offline dan online.

Promosi Offline

Anda tahu Yahoo atau Google? Siapa yang tidak kenal Yahoo, kecuali orang yang tidak pernah berinternet mungkin tidak kenal Yahoo. Tapi beberapa waktu lalu saya menyaksikan iklan Yahoo muncul di TV, padahal Yahoo sudah begitu terkenal. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa untuk memelihara popularitas memang diperlukan promosi. Masuk iklan di TV ini merupakan salah satu cara promosi offline. Selain di TV cara yang lain adalah di Radio, Media massa seperti koran, majalah, brosur, pamflet, spanduk, dll. Atau bisa juga di tempel di mobil umum seperti bis ataupun taxi. Malah saya pernah lihat satu mobil pribadi, di kaca belakangnya ada stiker situs pribadinya sendiri. Cara-cara tadi memang untuk berpromosi secara offline.
Kenapa cara ini ditempuh:
  • Karena tidak semua orang bisa mengakses internet, terutama di negara kita yang ratio jumlah pemakai internet dibanding populasi masih rendah.
  • Untuk meningkatkan lagi popularitasnya dalam rangka mencapai peningkatan targetnya sendiri.
  • Lebih menjangkau pangsa pasar segala aspek baik tingkatan usia maupun tingkatan kelas ekonomi. 

Namun satu hal dari promosi offline ini, biayanya lebih mahal dari biaya promosi online. Coba anda bayangkan, berapa tarif iklan si TV swasta untuk prime time yakni jam tayang dari jam 18 sampai jam 21. Kalau tidak salah jutaan rupiah per 15 detik tayang. Jadi untuk 4 kali tampil saja bisa mencapai lebih dari 5juta. Berarti seminggu minimal butuh 35juta. Tapi kalau target penjualan tercapai berapapun mahalnya tarif iklan tidak menjadi persoalan lagi. Cara yang lebih murah memang ada tapi daya jangkaunya pasti lebih kecil lagi misalnya lewat brosur.

Promosi Online

Keunggulan sistem ini dibanding dengan cara Offline yaitu:
  1. Jangka waktunya yang relatif lebih lama, kalau sudah terindeks di mesin pencari, selama tidak dihapus/dibanned oleh mesin pencari maka alamat website anda akan tetap muncul. Bandingkan dengan di TV atau radio yang hanya beberapa menit, selebaran /koran yang kalau tidak disimpan maka sudah terlewat informasinya. Mungkin hanya spanduk yang bisa menyaingi cara ini.
  2. Selalu siap siap dalam 24jam, jam berapapun anda main internet lalu membuka suatu situs selama servernya baik dan tidak sedang update situs maka pastilah selalu siap untuk dibuka.
  3. Perubahan dapat segera dilakukan, misalnya ada produk baru yang ditampilkan di situs anda, maka kapanpun anda bisa menguploadnya selama servernya tidak bermasalah, tapi coba kalau di koran/majalah anda harus daftar dulu baru bisa ditampilkan pada edisi berikutnya. Demikian pula kalau brosur atau spanduk harus mesan dulu untuk membuatnya.

Promosi secara online ini memang banyak juga caranya misalnya :

 .  Promosi lewat mesin pencari dan direktori. Cara ini memang salah satu cara yang umum untuk mempopulerkan situs kita agar terindex di mesin pencari maupun di direktori. Kelebihannya adalah kebanyakan gratis, sehingga bisa menekan biaya. Kekurangannya bila didaftarkan di yang gratisan ini adalah butuh waktu paling cepat 2 minggu untuk terindeks, lalu isi web site harus diatur agar memenuhi kriteria mesin pencari atau istilahnya SEO.

·  Promosi lewat mesin pencari berbasis bayar per klik (paid per click)
Contoh yang menyediakan seperti ini adalah Google dengan Google Adword dan Overture. Kelebihannya dari pada promosi lewat mesin pencari secara gratis yaitu: pangsa pasar yang lebih terfokus.

·  Menampilkan banner atau link anda di tempat yang menyediakan pertukaran banner dan link. Dengan tampilnya banner ataupun link di situs punya orang lain, maka ada kemungkinan saat pengunjung melihat situs rekan anda itu tertarik dengan judul yang anda pasang lalu akan berkunjung ke situs anda. Cara ini juga untuk menaikkan Link popularity situs anda.

·  Mendaftarkan situs anda di sejumlah media iklan online baik yang gratisan maupun berbayar. Kalau yang berbayar, misalnya di halaman depan detik.com maka jumlah pengunjung yang melihat iklan ada pasti sangat banyak mengingat kepopuleran situs ini. Sementara kalau di media iklan yang gratisan, resikonya jika sudah ada iklan terbaru iklan anda akan tergeser ke belakang. Namun setidaknya dengan tercantum ,bisa menaikkan Link Popularity situs anda dimata mesin pencari.

·  Promosi lewat forum, tapi biasanya forum bisnis tertentu yang membolehkan anda promosi kalau tidak bisa dianggap spam. Lewat forum seperti ini, misalkan anda menulis suatu artikel tentang SEO atau marketing atau apalah, lalu dibagian bawah artikel ditulis nama anda dan situsnya lalu mempostingnya di forum. Maka saat orang lain membaca artikel tersebut mungkin si orang ini penasaran wah barangkali ada artikel lain yang juga menarik dan diapun akan berkunjung ke situs anda. Malah ada yang mengatakan salah satu cara agar terindeks secara cepat di Google, bikin artikel lalu memposting di sejumlah forum.

·  Promosi lewat email, namun jangan sekali-sekali mengirim email kepada seseorang yang tidak kamu kenal ataupun tidak mengharapkan dapat kiriman email dari anda. Karena cara seperti itu disebut Spam. Spammer atau orang yang melakukannya sangat dibenci semua pengguna internet. Bahkan anda dapat mengalami diblacklist oleh semua mesin pencari. Salah satu cara agar tidak dianggap spam adalah, setiap anda mengirim email kepada teman atau saudara ataupun rekanan, di bawah tandatangan anda tulis situs milik anda. Atau bisa juga dilakukan setiap membalas email yang datang. Cara lain adalah anda meminta setiap pengunjung anda untuk mendaftar sebagai anggota, dan setiap jangka waktu tertentu anda mengirim email kepada anggota anda tentang sesuatu yang baru di situs anda (cara seperti ini disebut Opt email).