PAYPAL


Apa itu Paypal ?
Seperti halnya E-Gold, Paypal merupakan salah satu sistem pembayaran elektronik yang cukup mudah, cepat dan aman sehingga terpercaya. Paypal ialah sistem yang membolehkan sebuah merchan menerima bayaran dari pembeli secara elektronik. Jika anda ingin menjual produk dan servis melalui internet, Paypal adalah jawapannya. Anda hanya perlu membuka satu account untuk tujuan tersebut. Sedangkan pembeli tidak perlu, bisa memakai kartu kredit. Terkadang para pemula sering bingung untuk mencairkan uangnya dari bisnis online, terutama pembayaran dari pembeli yang berasal dari negara lain. Kalau dari dalam negeri sich gampang saja, diantaranya memakai sistem transfer bank lokal di Indonesia. Tapi kalau pembayaran antar negara, lebih efektif menggunakan pembayaran online yang umum digunakan di internet seperti PayPal, E-gold, Alertpay, Stormpay, Moneybookers, Liberty Reserve, Webmoney, Pecunix dan lain-lain. Online Payment ini sangat penting perannya untuk menghasilkan uang di internet karena mempermudah proses transaksi keuangan yang dilakukan dan juga menghindari terlalu banyak pemakaian kartu kredit di internet karena dinilai kurang aman atau membutuhkan waktu yang relatif lama bila melibatkan bank konvensional. Online Payment ini ibaratnya sebagai banknya internet, sehingga bisa menerima uang dari pihak lain dan juga membayar ke pihak lain serta bisa melakukan penarikan uang.
 
Berapa biaya daftar di Paypal?
Berapa biayanya jika kita ingin mempunyai satu account di Paypal? Untuk pendaftaran gratis, dan tersedia dua jenis account Personal Account dan Business Account. Untuk personal account, ini hanya dapat menerima transaksi dari sesama yang punya Paypal. Jadi kalau si A pingin membayar si B secara online lewat Paypal. Maka si A harus mempunyai account Paypal juga.
Namun untuk Business Account, pemilik account Paypal bisa menerima pembayaran via kartu kredit yang telah ditetapkan oleh Paypal. Jadi kalau anda hendak belanja secara online misalnya di website si B, yang hanya menerima pembayaran vial Paypal dan E-Gold, anda dapat menggunakan kartu kredit untuk Paypalnya si B. Untuk iuran tahunan, Personal Account gratis, namun yang Business Account harus bayar.

Bagaimana kita bisa menarik dana dari Paypal?
Tidak seperti E-Gold yang dapat dijual belikan (ya kaya emas aslinya juga bisa diperjualbelikan), Paypal ibarat kita punya rekening giro atau tabungan di dunia internet. Jadi untuk menarik dananya kita bisa menggunakan dua cara:
§  Paypal akan mengeluarkan satu cek sesuai jumlah yang diminta ( namun sebatas dana yang kita punya di accout kita).
§  Paypal akan mentransfer ke bank yang ada jalinan kerja sama.

Bagaimana kita bisa mengisi dana di Paypal?
Untuk pengisian, kita bisa menggunakan kartu kredit kita.:

Perbedaan Paypal dan E-Gold
§  Untuk transaksi, E-Gold baik pembeli maupun penjual      harus mempunyai account, tapi   Paypal tidak.
§  Nilai tukar E-Gold mengikuti nilai/harga emas dunia, tapi Paypal mengikuti kurs mata uang yang digunakan. 


Langkah-langkah mendaftar di PayPal sebagai berikut :
  • Buka situs PayPal dengan alamat https://paypal.com
  • Klik Sign Up untuk melakukan pendaftaran
  • Pilih jenis account yang Anda ingin. Apakah Personal, Premier atau Business. Saran saya pilih saja Personal karena lebih mudah dan bisa di upgrade kemudian hari. Klik tombol Get Started
  • Isi formulir yang tersedia dengan data Anda. Perlu diingat email yang Anda masukkan akan menjadi account Anda di PayPal, jadi gunakan email yang valid. Kemudian klik tombol I agree, create my account
  • Bila Anda belum memiliki kartu kredit atau Kartu Debit , Anda bisa klik link Go to My Account. Data kartu kredit bisa Anda isikan kemudian hari. Sampai disini Anda sudah berhasil membuat account Paypal, tetapi statusnya masih Unverified. Walaupun statusnya masih Unverified, anda sudah bisa menerima pembayaran dari klien atau menerima komisi program afiliasi tertentu serta menerima donasi dari orang lain, namun Anda belum bisa melakukan penarikan atau pencairan uang sebelum diverifikasi. Setelah Anda memasukkan data kartu kredit, maka statusnya akan berubah Verified.
  • Buka email untuk mengaktifkan verifikasi email yang dikirim oleh PayPal.
Memasang dan mengunakan Icon PayPal untuk menerima pembayaran di situs Anda:
  • Buka halaman depan situs PayPal, klik link Log in
  • Klik tab Merchant Services
  • Setelah halaman ini terbuka, Anda bisa memilih fitur-fitur yang diinginkan seperti PayPal Shopping Chart, Buy Now Buttons, Other Leading Charts, Subscriptions & Recurring Payments, Donations, Gift Certificates dan lain-lain.
  • Selanjutnya pilih saja salah satu fitur tersebut untuk di gunakan di web atau blog Anda. Anda juga bisa memilih icon yang diinginkan, melakukan sedikit setting tombol, selanjutnya Create Buttons
  • Selanjutnya Anda copy kode HTML dan pasang di web atau blog Anda.
Secara garis besar, beginilah cara membuat dan memanfaatkan PayPal di situs Anda. Mudah bukan??